Santai Di Bincang Petang (Si-Bintang)
BALIKPAPAN - Kamis, 18 November 2021, Sore hari tepat pukul 16.00 wita setelah dipastikan tidak terdapat pengunjung layanan pada PTSP PA Balikpapan dan disela-sela jam pelayanan yang hampir tuntas di pukul 16.30 wita, Panitera dan Sekretaris membuka obrolan hangat yang menjadi media diskusi dua arah bersama para petugas layanan PTSP dan ruang tunggu sidang. Santai di bincang petang merupakan kepanjangan dari Si-Bintang akan menjadi inovasi internal penguatan pelayanan selanjutnya di PA Balikpapan. Si-Bintang kali ini dimulai oleh Panitera dan Sekretaris untuk bersama-sama mengawal konsistensi pelayanan publik sebagaimana telah diupayakan sampai dengan saat ini. Si-Bintang sebagai wadah diskusi, mengutarakan kendala yang dihadapi, saling bertukar pikiran, hingga menggali ide-ide pembaruan yang dapat menjadi tawaran solusi efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas.
Dimulai dengan penjelasan Panitera terkait rencana implementasi inovasi teknis pelayanan PTSP yang tentunya tetap bertujuan pada peningkatan kinerja pelayanan. Mengurangi penumpukan antrian sehingga dapat mempercepat dan memudahkan masyarakat menerima layanan PTSP PA Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan Sekretaris mengingatkan kembali untuk penguatan integritas pelayanan berupa disiplin dalam bertugas pada masing-masing loket dan meminimalisir kontak dengan para pihak berperkara. Hal tersebut menjadi penting sebagai upaya profesionalitas dalam bertugas.
Panitera juga mengutarakan perihal pentingnya menjaga kontak dengan para pihak berperkara dalam hal menjaga integritas dan menghindari persepsi negatif dari pengunjung lainnya. Bahwa seluruh tugas yang telah dilaksanakan dengan baik adalah menjadi tanggung jawab bersama. Jika satu diantaranya berulah maka sudah barang tentu menjadi dampak yang sifatnya menyeluruh. Untuk itu perlu dipahami agar saling menjaga kualitas kinerja sehingga tujuan yang telah disepakati bersama sesuai yel-yel PA Balikpapan “Bersama Kita Bisa” akan dapat tercapai. Pentingnya Etika atau Adab dalam pelayanan juga menjadi poin yang harus digarisbawahi sebagaimana bertugas pada Pengadilan Agama merupakan keistimewaan tersendiri.
Serunya Si-Bintang kali ini para petugas layanan juga mengutarakan kendala-kendala dan juga sumbangsih pemikiran sebagai pengingat bahwa detil alur pendaftaran perkara juga harus menjadi perhatian dalam rencana implementasi inovasi pelayanan PTSP nantinya. Hampir seluruh petugas layanan mengutarakan saran dan terjalin komunikasi dua arah yang baik. Giat Si-Bintang untuk seterusnya akan terlaksana secara periodik bulanan. Dengan kurun waktu perbincangan yang singkat namun intensif, secara santai pendekatan komunikasi dapat terjalin dengan baik antar personil. Tujuannya adalah menggali hal-hal yang perlu menjadi fokus perhatian, permasalahan yang harus menjadi prioritas penyelesaiannya, hingga ide-ide inovatif untuk kemajuan Layanan PA Balikpapan.