REFLEKSI AKHIR TAHUN MAHKAMAH AGUNG 2024
SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DAN EVALUASI LAYANAN PERADILAN
(Jum'at, 27 Desember 2024)
Balikpapan | www.pa-balikpapan.go.id
Bertempat di ruang Media Center, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Balikpapan hadir menyimak penyampaian Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI bersama jajaran pimpinan pada Refleksi Akhir Tahun Mahkamah Agung RI 2024 yang ditayangkan melalui akun resmi Youtube Mahkamah Agung hari ini Jumat 27 Desember 2024.
Integritas masih menjadi isu utama pada refleksi akhir tahun ini serta menjadi tema yang akan diangkat pada Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI. Hal tersebut sebagai wujud komitmen lembaga untuk menjaga dan meningkatkan integritas yang menjadi kunci dalam membangun kepercayaan publik terhadap peradilan yang berkualitas.
Peningkatan penyelesaian perkara juga disampaikan pada agenda tahunan ini sebagai upaya transparansi kinerja Mahkamah Agung RI. Bahwa di akhir tahun 2024 ini meningkat sebesar 6,66 persen.
Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan penghargaan kepada Ketua Mahkamah Agung RI periode sebelumnya karena telah mengupayakan yang terbaik dalam membangun Mahkamah Agung sehingga menjadi lebih baik. Terimakasih pula disampaikan kepada seluruh pimpinan dan aparatur peradilan atas kinerja bagi lembaga tercinta. Serta pendampingan rekan-rekan jurnalis yang setia mengawal penegakan hukum dan keadilan di negara Indonesia ini dalam kaitannya merupakan kinerja Mahkamah Agung RI.
Sambutan dan harapan yang positif disampaikan para Jurnalis antara lain kiranya kegiatan refleksi ini tidak cukup menjadi agenda tahunan namun nantinya dapat menjadi agenda evaluasi bulanan. Secara responsif ditanggapi dengan bijaksana oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI bahwa keinginan sudah tentu ada namun fokus terhadap tugas pelayanan bagi para pencari keadilan menjadi evaluasi internal untuk pelaksanaan kegiatan semacam ini dapat terlaksana secara bulanan.
Semoga refleksi akhir tahun 2024 menjadi sarana yang bermanfaat dan berkualitas bagi lembaga serta seluruh peradilan dibawahnya. Begitu banyak intisari yang dapat menjadi evaluasi layanan peradilan sehingga integritas dan kualitas kinerja pelayanan dapat terus dipertahankan bahkan meningkat di masa mendatang.